Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Udang Galah di Bali

Udang Galah merupakan komoditas perikanan air tawar yang bernilai ekonomis tinggi. Udang Galah memiliki keunggulan, seperti pertumbuhan yang cepat, ukuran tubuh yang besar, dan pasar potensial di wilayah Asia. Data BPS (2012) menyebutkan bahwa nilai ekspor Udang Galah mencapai 3.375 kg.
Udang Galah di Bali
Udang Galah dalam Bak Indukan

Udang Galah di Bali sayangnya tidak mudah dijumpai. Namun, saya mencoba untuk menggali informasi yang ada. Pemerintah Provinsi Bali memiliki lembaga khusus yang menangani Udang Galah. Lembaga ini dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali dan bernama BBI Sangeh. BBI sangeh inilah yang memiliki wewenang dalam ketahanan budidaya Udang Galah di Bali. Informasi yang saya dapatkan setelah berkunjung ke BBI Sangeh adalah pembenihan Udang Galah memerlukan media air laut, dengan kadar salinitas 12 ppt. Nah, oleh sebab itu BBI Sangeh mendirikan kantor cabang di Kabupaten Klungkung, yang diberi nama BBUG (Balai Benih Udang Galah). 

Udang Galah di Bali
Saya berada di Balai Benih Udang Galah

BBUG berada di Pinggir Jalan Raya Provinsi, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.BBUG memiliki kolam penampungan indukan, tandon air laut, bak pembenihan, hingga bak pembesaran mencapai ukuran postlarva (Udang Galah Remaja). Produksi BBUG hanya sampai ukuran postlarva saja dan siap untuk dipesan para pembudidaya. Sebaran pembudidaya ada di Kabupaten Gianyar, Klungkung, dan Karangasem. 

Udang Galah di Bali
(Kiri) Pak Rai, Maul, Bayu, Juli

Saya bersama dengan teman saya Juli (I Wayan Juliawan) dan Bayu (I Gede Bayu Sulastika) menulusuri pembudidaya di dekat Tirta Gangga. Kebetulan, Bayu yang merupakan localboy memperkenalkan kami kepada salah satu pembudidaya ikan, namanya Pak Rai, seorang sarjana peternakan dari Universitas Udayana. Kami berdiskusi di kolam ikan Pak Rai yang terdapat pembesaran ikan lele, nila, dan koi. 

Udang Galah di Bali
Kolam Pak Rai

Keesokan harinya, Kami berempat menelusuri beberapa tempat pembesaran Udang Galah. Namun semua tempat yang kami kunjungi tidak ada pembudidaya-nya. Secara konstruksi kolam, kami menyimpulkan bahwa ada 2 jenis kolam yang digunakan. Pertama kolam tanah, dan kedua kolam beton.

Udang Galah di Bali
Kolam Tanah

Ketika saya berada di Kolam ini, saya bertemu dengan warga sekitar. Saya menanyakan tentang pemilik kolam ini. Katanya, pemiliknya adalah seorang petani. Memelihara Udang Galah bagi petani adalah sampingan, dan yang utama tetap menggarap lahan pertanian.
Udang Galah di Bali
Kolam Beton

Kolam yang ini merupakan kolam percontohan dari Dinas Perikanan Kabupaten Karangasem. Nama kelompok pembudidayanya adalah Mina Murti. Selain Udang Galah, Kelompok Mina Murti juga membesarkan Gurami. Namun sayangnya sangat sedikit informasi yang saya dapatkan karena tidak bertemu langsung dengan pemiliknya.

Udang Galah di Bali
Warung Makan Mina Sari Murti

Udang Galah di Bali
Sertifikat Halal

Namun, kami menemukan sebuah Warung Makan "Mina Sari Murti" di Jalan Raya Gerobog, Jurusan Padangkerta Bebandem Saren Kauh, Budakeling. Warung Makan ini berada di depan kolam budidaya. Menu makanannya yaitu aneka ikan air tawar dan udang. Jadi, dari sekian banyak tempat yang kami kunjungi, kami merekomendasikan Warung Makan "Mina Sari Murti" sebagai tempat anda mencari Udang Galah di Bali.

Saya menulusuri penjual online Udang Galah di Bali. Sampai pada akhirnya saya menemukannya di Tokopedia, namanya Toko Nya Nde. Lokasinya di Denpasar, tepatnya daerah Sanur. Anda bisa cek daily update-nya di Instagram @tokonyande . Toko Nya Nde ini menjual Udang Galah fresh dan juga aneka masakan.

Akhirnya sampailah pada penghujung artikel ini dibuat. Saya ucapkan terimakasih sudah bersedia singgah di blog ini. Mudah-mudahan anda mendapat manfaat dan mau serta mampu berdaya bagi kemajuan perikanan di Bali. Salam, Bali Aquatica.

Dengarkan blog ini di sini


Maulana Ilham Pratama
Maulana Ilham Pratama Seorang pelajar di salah satu universitas di Bali. Sedang dalam proses menyandang gelar S.Pi., dan Young Entrepreneur. Mohon doanya :)

3 komentar untuk "Udang Galah di Bali"

  1. Mantap sebagai lokal boy saya bangga dengan usaha anda untuk mencari informasi mengenai udang galah, yan mana di bali ini masih minim membudidayakan udang galah.

    BalasHapus
  2. Mantap sebagai lokal boy saya bangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bli Bayu sudah mengantarkan saya mengenal potensi Karangasem, terutama dari Udang Galah :)

      Hapus