Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Udang Galah dan soulmate, eh taksonomi-Mate

Hai viewers! Welcome back to Bali Aquatica! Indonesia kaya akan keanekaragaman hayatinya. Udang Galah adalah salah satunya. Udang ini banyak dijumpai hidup alami di berbagai daerah di Indonesia. Tahu nggak sih, kalau Udang Galah ini punya cerita dalam taksonominya. Mulai dari tingkat Filum hingga tingkat Genus, yuk kita telusuri!

Udang Galah

Udang Galah termasuk dalam filum Arthropoda. Filum ini merupakan kelompok hewan yang tubuhnya bersegmen atau beruas-ruas. Hewan dengan tubuh yang beruas-ruas banyak bisa kita jumpai di lautan Indonesia, salah satunya Lobster Bunga (Panulirus longipes). Lobster Bunga hidup di ekosistem terumbu karang yang tersebar di Jawa Tengah, Karimun Jawa, Makassar, Manado, dan Pulau Talaud. Sayangnya Lobster Bunga berstatus Least Concern dalam IUCN karena penangkan berlebihan untuk restoran seafood hingga ekspor ke manca negara.

Sub Filum : Mandibulata 

Udang Galah berada dalam Kelas Crustacea. Kelas ini juga ditempati oleh Udang Kelong (Penaeus indicus longirostris De Man). Udang Kelong tersebar hampir di seluruh perairan laut yang relatif dangkal, terutama sepanjang pantai timur pulau Sumatera, di beberapa daerah pantai selatan pulau Jawa (Cilacap serta Pangandaran), pantai utara Jawa, pantai Kalimantan, pantai Sulawesi Selatan, serta perairan Aru dan Arafuru. Udang Kelong telah dilindungi berdasarkan SK. Mentan No. 214/Kpts/Um/V/1973.

Malacostraca merupakan Sub Kelas dari Udang Galah. Ada juga Udang Harlequin (Caridina spongicola) dengan Sub Kelas yang sama. Udang Harlequin merupakan udang endemik Danau Towuti (Sulawesi Selatan). Diklaim IUCN dalam status Endangered.

Ordo Udang Galah adalah Decapoda. Ordo Decapoda juga dimiliki oleh Udang Poso Ekor Biru (Caridina caerulea). Udang Poso Ekor Biru ditemukan di substrat keras seperti kayu, batu-batuan, tetapi secara sporadik dijumpai juga di substrat lunak seperti tumbuhan air. Udang ini adalah endemik Danau Poso (Sulawesi Tengah). Status dalam IUCN adalah Vulnerable.

Sub Ordo Natantiam

Famili: Palaemonidae 

Genus : Macrobrachium

Maaf ya! Untuk subfilum, subordo, famili, dan genus belum ada artikelnya. Next time akan saya update lagi dengan informasi yang tidak kalah menarik. See You Later! Bali Aquatica!


Maulana Ilham Pratama
Maulana Ilham Pratama Seorang pelajar di salah satu universitas di Bali. Sedang dalam proses menyandang gelar S.Pi., dan Young Entrepreneur. Mohon doanya :)

Posting Komentar untuk "Udang Galah dan soulmate, eh taksonomi-Mate"